Ramaikan Pariwisata Purworejo, Tumpeng Teleng #4 Sukses Digelar Pasar Inis

Arak Tumpeng Teleng Destinasi Wisata Paras Inis. (Foto : Purnomo Rianto)

PURWOREJO, infopurworejo.com – Pariwisata Purworejo mulai menggeliat pasca vakum beberapa saat karena efek pandemi Covid-19. Festival Tumpeng Teleng Ke 4 sukses dilaksanakan dengan meriah oleh Desatinasi Wisata Pasar Inis, Minggu (19/12/21). Apa itu Tumpeng Teleng Destinasi Wisata Pasar Inis? Simak selengkapnya.

4 tahun yang lalu area persawahan sisi timur Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo riuh dipadati masyarakat. Sekelompok warga berbusana tradisional Jawa berbaris rapi, dikerubuti ponsel dan kamera yang berebut mengabadikan momen langka tumpeng berwarna biru diarak bersama hasil bumi lainnya. Semua tampak sumringah beriring dengan renyah gelak tawa anak kecil yang bermain di sawah, tempat digelarnya perhelatan tasyakuran tutup tahun destinasi wisata Pasar inis yang dibungkus dalam bentuk festival.

Paguyuban Pasar inis membuat tumpeng berwarna biru yang menjadi pusat perhatian itu sebagai simbol rasa syukur mereka telah melalui 1 tahun Pasar inis beroperasi. Pasar inis, destinasi wisata yang buka setiap minggu pagi pukul 5 hingga 11 memang dikenal konsisten menyajikan kuliner tradisional, olahan berbahan dasar ketela dan bunga telang sebagai pewarna alaminya. Tumpeng berwarna biru mewakili nasi telang, kuliner andalan Pasar inis yang hits dan laris manis diburu wisatawan.

Pemotongan Tumpeng Teleng Oleh Kandinparbud Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho dan Diserahkan Kepada Ester Yuniastuti Ketua Paguyuban Pasar Inis. (Foto : Purnomo Rianto)

Minggu lalu, 19 Desember 2021 hajat tasyakuran tutup tahun kembali digelar dalam helat “Tumpeng Teleng #4”. Ester Yuniastuti, ketua Paguyuban Pasar Inis menyampaikan rasa harunya karena masih bisa menggelar hajat tasyakuran akhir tahun dalam kondisi serba terbatas karena pandemi Covid-19.

“Pelanggan dan pengunjung baru banyak yang menanti-nanti acara ini, apalagi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan lengkap bersama 3 Kabid, Kepala Dinas KUKMP bersama Kasi, Ketua Dewan Kesenian Purworejo, STIE Rajawali, Pak Camat, Pak Kepala Desa, Koramil dan Polsek rawuh(hadir) membuat saya pribadi blangkemen Mas(blangkemen-tidak bisa berkata-kata/speechless)” ungkap Ibu yang identik dengan senam inis, ikon atraksi Pasar inis ketika diwawancarai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP.M,Si menyampaikan selamat dan apresiasi tinggi pada pengelola Pasar inis yang mampu bertahan hingga kini(4 tahun) dan tangguh di masa pandemi Covid-19 yang terbukti masih mampu menggelar hajat tasyakuran Festival “Tumpeng Teleng #4”.

Sambutan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP.M,Si .(Foto: Purnomo Rianto)

“Pasar inis akan menjadi destinasi unggulan wisata digital Kabupaten Purworejo. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo siap bergandeng tangan mendampingi Pasar inis. Ini sesuai dengan prioritas Dinparbud pada 2022-2024 yang akan memberi suport bagi semua aktifitas yang diinisiasi Masyarakat seperti yang tergelar di Pasar inis” ungkap Aan, sapaan akrab Kadinparbud.

“Tumpeng Teleng #4” adalah simbol kebangkitan Pariwisata berbasis komunitas masyarakat di Kabupaten Purworejo. Bunga telang yang menjadi ikon Pasar inis membawa warna baru pengembangan destinasi wisata berbasis komunitas Masyarakat. Bunga telang membawa kesejahteraan bagi pelaku Pasar inis, pondasi kecil yang mengokohkan keberlangsungan Pariwisata Kabupaten Purworejo. (lekpur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *