Desa Jogoboyo Resmi Luncurkan Tempat Wisata Baru Bogowonto Kayak

oleh -1.403 views
Tempat Wisata Bogowonto Kayak
Tempat Wisata Bogowonto Kayak Desa Jogoboyo

Infopurworejo.com – Ada yang baru di Desa Jogoboyo, Purwodadi. Belum lama ini Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jogoboyo Kecamatan Purwodadi, Purworejo melakukan launching tempat wisata baru bernama Bogowonto Kayak.

Launching tersebut juga menjadi tanda bahwa tempat wisata Jogoboyo tersebut telah mulai beroperasi.

Kegiatan launching Bogowonto Kayak di hadiri oleh cukup banyak tokoh penting seperti kepala desa, BPR maupun perangkat desa dan Basarnas. Ikut juga hadir dalam acara launching tersebut Mapala dari UNY dan juga anggota karang taruna dari desa setempat.

Wisata Bogowonto Kayak Diharapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kepala desa Jogoboyo, Jaka Wahyana sempat mengungkapkan rasa bangganya dengan peluncuran tujuan wisata baru Bogowonto Kayak ini atas kerjasamanya.

“Di tengah kesulitan ekonomi yang di alami masyarakat, harapannya kedepan destinasi ini dapat ramai dan memberikan imbas ekonomi bagi masyarakat Desa Jogoboyo ini”. Ucap Jaka Wahyana.

Pada kesempatan yang sama, sang kepala desa juga berharap bahwa destinasi wisata baru ini dapat memberikan dampak terhadap peningkatan PAD Desa Jogoboyo.

“Kita sangat bersyukur diberikan alam yang dapat dikelola menjadi objek wisata dan menjadi berkah bagi masyarakat. Bentuk syukur itu salah satunya adalah dengan mengelola sungai Bogowonto ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat,”. Ucap Jaka Wahyana pada kesempatan yang sama.

Bogowonto Kayak, Jenis Wisata Yang Masih Jarang Di Purworejo

Pengurus Bumdes Jogoboyo, Danang Santoso pun tidak ketinggalan mengungkapkan rasa bangganya akan destinasi wisata baru di desa Jogoboyo.

Pada suatu wawancara, Danang Santoso ini juga menunjukkan bahwa Bogowonto Kayak merupakan wahana olahraga, tempat wisata air dan sekaligus wisata pendidikan yang terbilang masih cukup jarang di Purworejo.

Keputusan menjadikan Bogowonto Kayak sebagai wisata air di dasarkan pada kondisi aliran sungai Bogowonto di Desa Jogoboyo yang cukup lebar dan juga tenang. Selain, itu pemandangan indah dari pohon mangrove yang tumbuh di sekitar sungai juga menjadi pertimbangan lainya.

Biaya Untuk Bermain di Wisata Bogowonto Kayak

Terkait dengan biaya retribusi untuk bermain kayak di Bogowonto Kayak, Pengurus Badan Usaha Milik Desa Jogoboyo ini juga memberikan bocoran mengenai tempat wisata tersebut. Ia menyebutkan bahwa biaya retribusi untuk bermain kayak tersebut akan di patok sebesar 25 ribu rupiah setiap orangnya.

Dengan tarif 25 ribu  rupiah tersebut, pengunjung akan dapat menikmati sensasi bermain kayak selama 30 menit dan mengelilingi aliran sungai Bogowonto.

Dalam kesempatan itu, Danang Santoso juga menegaskan bahwa wahana air Bogowonto Kayak akan selalu mengedepankan keselamatan pengunjung. Untuk itu, ia meminta pendampingan dari Basarnas terkait jaminan keselamatan wisata Bogowonto Kayak ini.

Sungai Bogowonto Juga Tawarkan Wisata Lainnya

Tidak hanya menawarkan wisata air Bogowonto Kayak, Sungai Bogowonto di desa Jogoboyo ini juga menawarkan wisata seru lainnya yang juga menarik. Tempat wisata tersebut tidak memiliki nama resmi, namun beberapa ulasan menyebutkan bahwa wisata ini sangat mirip dengan mini Grand Canyon di Amerika Serikat.

Pada saat sungai Bogowonto mengalami surut. Maka dasar dari sungai ini akan terlihat dan menampilkan pemandangan ukuran batu alami yang indah. Bahkan popularitas dari tempat wisata ini cukup terkenal. Dimana cukup banyak wisatawan yang datang untuk berburu foto selfie di ukiran batu alam tersebut.

Tempat wisata ini adalah salah satu destinasi wisata lain di Sungai Bogowonto yang juga dapat di kunjungi. Terutama pada saat sungai Bogowonto tengah dalam masa surut.

Itulah sedikit informasi dari kami mengenai peluncuran destinasi wisata baru di desa Jogoboyo, kecamatan Purwodadi, Purworejo, Bogowonto Kayak. Bagaimana menurut anda? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi wisata air dan wahana edukasi Desa Jogoboyo ini?