Halte Trans Jateng Plasa Purworejo Kena Protes Angkot Jalur A

oleh -1.890 views
Halte Trans Jateng di Plasa Purworejo
Halte Trans Jateng di Plasa Purworejo

Infopurworejo.com – Unjuk rasa protes terhadap keberadaan Halte Trans Jateng Purworejo – Borobudur kembali terjadi. Para supir angkutan kota jalur A rute Kutoarjo – Purworejo merasa di rugikan dengan adanya halte di tengah kota.

Mereka melakukan protes dan menuntut untuk ditiadakannya halte yang berlokasi di Plasa Purworejo. Dengan memarkir angkotnya di sebelah selatan Alun-alun Purworejo atau sepanjang Jl Proklamasi di depan kantor pemda. Mereka mendatangi Kantor Bupati Purworejo pada Senin (16/11/2020), untuk menyampaikan protesnya terkait Halte Trans Jateng di kawasan plasa yang dianggapnya merugikan.

Sementara  itu Pjs Bupati Purworejo Yuni Astuti sedang tidak ada kantor sehingga tidak bisa menemuinya. Kemudian para sopir angkutan kota jalur A rute Kutoarjo – Purworejo di temui beberapa pejabat pemkab. Atara lain Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja Budi Wibowo, Plt Asisten 1 Setywati, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Wahyudi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Pradja Budi Wibowo menanggapi terkait protes halte trans jateng di kawasan plasa. Karena ini merupakan wewenang provinsi sehingga ia hanya bisa menampung aspirasinya nanti akan di sampaikan ke Dinas Perhubungan Jawa tengah.

Sebelum ahirnya mengadu ke Kantor Bupati, paguyuban supir angkutan kota Jalur A rute Kutoarjo – Purworejo pada tanggal 23 Oktober menyampaikan protes nya terkait Halte Trans Jateng ke Dinas Perhubungan Purworejo.

Setelah hampir dua minggu tidak ada tanggapan, pada tanggal 11 November mereka kembali menyampaikan keluhnya  ke kantor DPRD.

Selain menyampaikan aspirasinya kepada pihak terkait, angkutan kota jalur A rute Kutoarjo – Purworejo dalam melakukan protes Halte Trans Jateng juga melakukan mogok selama tiga hari.

Namun sampai saat ini perjuangannnya belum mendapatkan respon yang memuaskan. Mereka mengeluh penghasilannya turun hingga 60 persen semenjak adanya bis Trans Jateng, terlebih lagi dengan adanya pandemi covid 19 ini.

Kita Ketahui bersama Trans Jateng merupakan bentuk dukungan Pemerintah Provinsi untuk menunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur yang merupakan program pemerintah superprioritas. Rute yang di tempuh Terminal Kutoarjo–Purworejo–Terminal Borobudur, dan sebaliknya.