Usaha Pembibitan Buah Anggur Import Dimasa Pandemi

oleh -505 views
Usaha Pembibitan buah anggur

Infopurworejo.com – Memiliki usaha pembibitan buah anggur adalah peluang sangat potensial untuk saat ini. Pandemi covid-19 membuat masyarakat desa maupun kota memilih berkebun sebagai gaya hidup barunya.

Fajar Alwani (36) Menangkap peluang itu untuk menyediakan bibit tanaman khususnya buah – buahan. Memilih pembibitan buah anggur karena memang sedang menjadi tren di masyarakat saat ini.

Ia mengembangkan bibit buah anggur lokal dengan anggur import melalui cara Grafting atau menyambung. Youtube dan beberapa orang ahli menjadi tempatnya belajar dalam mencari ilmu pengetahuan seputar pembibitan.

Saat ini banyak pelanggannya membeli bibit buah anggur varian standar karena harganya yang terjangkau. Untuk jenis varian standar itu sendiri antara lain “ninel, jupiter, transfiguration dan lainnya. Sementara untuk bibit anggur jenis Carnival, Bogema,  Moon Drops, Cotton Candy dan Oscar biasanya hanya permintaan dari konsumen kalangan tertentu.

Fajar Alwani biasa menjual secara online melalui Facebook, Instagram, Marketplace dan juga channel Youtube miliknya. Untuk pemasarannya sudah ke seluruh indonesia dengan pengiriman melalui jasa ekpedisi.

Dan untuk konsumen offline biasanya datang dari sekitar Purworejo, Kebumen dan Yogyakarta. Pembeli datang langsung ke rumahnya di desa Rebug kecamatan Kemiri kabupaten Purworejo.

Fajar Alwani menjual bibit anggur dengan harga kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000 tergantung varian dan usia tanamnya. Bahkan ia memiliki bibit anggur yang special bisa buah dalam waktu 2 bulan pasca tanam.

Dari keahliannya itu, kini Fajar Alwani sudah bisa menikmati hasil usaha yang ia rintis dari tahun 2014 silam. Hasil usahanya selalu meningkat setiap tahun, dan ia merasakan peningkatan yang sangat drastis di tahun 2020 ini.

Usaha pembibitan buah anggurnya pernah mengalami kegagalan saat pertama memulai. Banyak bibit anggur miliknya mati karena hujan dan terkena jamur. Namun sekarang ia sudah membuatkan Green House untuk mengatasinya.

Tidak ingin sukses sendirian dalam usaha pembibitan buah anggur, Fajar Alwani berharap ada orang lain yang mau belajar tentang pembibitan buah anggur terutama dari kampung nya.