Desa Rejowinangun Sukses Kembangkan Wisata Toga Yang Sukses Sedot Wisatawan

oleh -1.100 views
Desa Wisata Taga Toga Rejowinangun
Desa Wisata Taga Toga Rejowinangun

Infopurworejo.com – Wisata Tanaman Gizi Keluarga dan Tanaman Obat Keluarga (Taga Toga) tampaknya menjadi salah satu tempat wisata potensial di Desa Rejowinangun. Wisata tanaman ini berhasil menarik banyak wisatawan dari luar Daerah. 

Di lokasi wisata Taga Toga ini, pengunjung akan dapat melihat langsung berbagai tanaman obat segar, sayuran hijau dan juga berbagai jenis bunga yang tengah terkenal saat ini.

Wisata Tanaman Taga Toga yang di kembangkan oleh setiap RT di Desa Rejowinangun ini sendiri di harapkan dapat memperindah desa dan juga dapat membantu meningkatkan ekonomi warga desa. 

Lokasi dan Akses ke Wisata Toga , Desa Rejowinangun

Desa Rejowinangun berlokasi tidak jauh dari pusat kota Purworejo. Untuk mencapai desa yang rata-rata warganya berprofesi sebagai petani ini. Jarak yang harus di tempuh adalah sekitar kurang lebih 18 kilometer dari pusat kota Purworejo. 

Meskipun agak sedikit jauh, kondisi jalan yang menjadi akses ke lokasi desa dan wisata Toga ini terbilang sangat baik. Dimana sebagian besar jalanan nya telah diaspal. 

Sehingga perjalanan ke lokasi pun menjadi lebih mudah dan juga nyaman. Mendekati lokasi, pemandangan berupa bermacam-macam tanaman obat akan menghiasi bagian kiri dan kanan jalan.

Desa Rejowinangun Juga Terkenal Sebagai Sentra Pembibitan

Selain mulai di lirik oleh wisatawan dari luar daerah lantaran wisata toga nya. Desa Rejowinangun juga di kenal sebagai sentra pembibitan. Desa ini telah mendistribusikan berbagai tanaman berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan dan lainnya. 

Sehingga sangat tidak mengherankan jika setiap pengunjung yang datang ke Desa Rejowinangun ini tidak hanya sekedar ingin menikmati keindahan dari wisata Taga Toga. Namun juga ingin berburu foto selfie sekaligus membeli beberapa tanaman yang akan di jadikan buah tangan. 

Hal tersebut persis yang di lakukan oleh tim penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo. Tim PKK Kulonprogo ini melakukan kunjungan ke Desa wisata ini pada hari sabtu 14 November 2020 lalu.

Wisata Toga Desa Rejowinangun Sukses Buat Kagum Tim PKK Kabupaten Kulonprogo

Rombongan tim penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo melakukan ke kunjungan ke Desa Rejowinangun dan di terima oleh Dra Erna Setyowati selaku ketua tim penggerak PKK Kabupaten Purworejo di temani, bersama Agus Ari Setyadi S Sos (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) dan Nur Huda SSTP MIP (Camat Kemiri),

Dalam acara penerimaan rombongan tim penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo tersebut. Ikut juga drg Edy Sucipto MM selaku Kepala Puskesmas, Hari Santosa (Kades Rejowinangun) dan sejumlah pengurus PKK Kabupaten.

Pada suatu kesempatan, Sri Budi Utama yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo dengan gamblang mengakui kelebihan dari Desa Rejowinangun. Terutama dalam hal pemanfaatan pekarangan dengan program Taga Toga nya. 

Ia juga menambahkan kekagumannya akan program Taga Toga yang berhasil memberikan penghasilan bagi warga Desa Rejowinangun.

Tidak cukup dengan itu. Sri budi juga sangat mengapresiasi kesadaran dan juga kepedulian warga yang memanfaatkan lingkungan rumahnya dengan baik untuk ditanami berbagai tanaman obat. 

Senada dengan apa yang di ungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo. Dra Erna Said Romadhon juga menujukkan kebanggannya terhadap Desa Rejowinangun. Khususnya kepada penduduk desa yang telah bekerja sama dengan tim PKK untuk menyulap pekarangan rumahnya menjadi sentra Taga Toga yang saat ini dapat menarik banyak wisatawan luar daerah. 

Itulah sedikit ulasan kami mengenai wisata toga di Desa Rejowinangun, Wisata Tanaman Gizi Keluarga dan Tanaman Obat Keluarga (Taga Toga). Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata unik di Desa Rejowinangun ini?.

Baca Juga : Usaha Pembibitan Buah Anggur Import Dimasa Pandemi